Thursday 12 January 2017

Partikel Penyusun Atom

assalamualaikum wr.wb
Halo sahabat chemist, seperti hal nya sebuah rumah pasti ada penyusun nya untuk membangun rumah tersebut begitu juga dengan ATOM,  atom juga memiliki partikel penyusun nya. Sebuah atom terdiri dari tiga partikel utama sub-atom yaitu proton, elektron dan neutron.
Kali ini kita akan membahas mengenai partikel penyusun atom.

NOTASI ATOM

Setiap Sistem Periodik Unsur memiliki notasi untuk membaca unsur-unsur, namun secara umum notasi atom digambarkan sebagai berikut:

adapun partikel penyusun atom menurut teori Mekanika kuantum adalah sbb:
 

PROTON

Proton adalah partikel penyusun atom yang tedapat di dalam inti atom yang bermuatan positif. Proton juga bisa dikatakan sebagai nomor atom suatu umsur. suatu unsur memiliki proton tetentu yang  jumlahnya tidak sama dengan unsur yang lain. proton dilambangkan dengan huruf P. Proton ditemukan oleh Ernest Rutherford, pada percobaannya yang menembakkan partikel alfa ke lempengan emas tipis. Muatan Proton adalah positif satu (+1) dan massanya diperkirakan 1 SMA (satuan massa atom)

ELEKTRON

Elektron adalah partikel penyusun atom yang bermuatan negatif yang dilambangkan dengan huruf e. Elektron pada atom terdapat pada kulit atom. Elektron suatu atom dapat diketahui dengan melihat nomor atom suatu unsur yang tidak memiliki muatan (tidak bermuatan). untuk unsur yang bermuatan kita dapat mengetahui  elektron nya dengan mengetahui selisih dari nomor atom dengan muatan itu sendiri. Elektron bermuatan negatif satu (-1) dan dianggap tidak bermassa (0 SMA)

NEUTRON

Neutron adalah partikel penyusun atom yang terdapat pada inti atom yang tidak memiliki muatan (netral).
Neutron tidak memiliki muatan (muatan 0) dan bermassa diperkirakan 1 SMA. Elektron dan Neutron ditemukan oleh J.J. Thomson berdasarkan percobaan tetes minyak Millikan

Dengan memperhatikan penjelasan diatas, maka dapat dinyatakan bahwa:


Massa Atom = Proton + Neutron
Proton = No. Atom
Elektron = No. atom - muatan
Neutron = Massa - No. Atom

Perlu anda ketahui, bahwa ion adalah keadaan dimana suatu elemen kehilangan atau menerima elektron. Apabila dia menerima elektron, maka ia bermuatan negatif, dan apabila dia melepas elektron, maka ia bermuatan positif

Contoh :  
1. Tentukan jumlah Proton, elektron dan neutron dari unsur Natrium dengan no.atom 11 dan massa 23!!
Jawab : P = no. atom = 11
            N = massa - no.atom = 23 - 11 = 12
            E = no.atom - muatan = 11 - 0 = 11

2. Tentukan jumlah elektron dari unsur Kalsium dengan no.atom 20 dan bermuatan +2
Jawab : Ketika dinyatakan bahwa muatan suatu unsur adalah +2, maka unsur itu telah melepaskan 2 elektron
Jumlah elektron = 20 - 2 = 18

That's our explanation for this article....
Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh...

next post : Konfigurasi Elektron     

1 comment:

  1. How to make money from sports betting? - WorkMaker Money
    This is why you can หารายได้เสริม do it yourself as a professional sports bettor, and learn how to make money from sports betting. Learn how to make money at work.

    ReplyDelete